2013-04-08

Bandara Hang Nadim Akan Miliki Dua Runway

Bandara Hang Nadim

(9/4/2013) Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam, Badan Pengusaha (BP) Batam telah menyiapkan rencana untuk menambah landasan pacu atau runway. Dengan tambahan runway ini, Bandara Hang Nadim akan memiliki dua runway.

Penambahan runway dilakukan karena intensitas penerbangan di Bandara Hang Nadim terus meningkat setiap tahunnya. Ditambah lagi jika hanggar perawatan dan perbaikan pesawat yang sedang dibangun oleh Lion Air selesai, pasti akan semakin meningkatkan jumlah penerbangan di Batam.

Selain itu, PT Ilthabi Rekatama yang dipimpin oleh Ilham Akbar Habibie berencana membangun industri penerbangan seluas 100 hektar di lahan yang berada di kawasan Bandara Hang Nadim.

Jika seluruh pembangunan tersebut selesai, BP Batam memperkirakan satu runway saja tidak akan mampu menampung pergerakan pesawat di Batam.

Saat ini, dalam satu hari terdapat sekitar 100 penerbangan baik yang datang maupun pergi di Bandara Hang Nadim, dengan kepadatan tertinggi pada pagi dan sore hari. (Photo: Istimewa)