2013-04-08

Indonesia Mungkin Pesan Tujuh C295 Tambahan

Airbus Military C295

(9/4/2013) Indonesia bisa menambah hingga tujuh pesawat angkut taktis C295 dari Airbus Military, sehingga Indonesia akan memiliki total sebanyak 16 pesawat jenis ini.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Presiden Marketing dan Penjualan PT Dirgantara Indonesia Arie Wibowo yang dikutip dari Flightglobal, mengatakan bahwa TNI Angkatan Udara membutuhkan tujuh pesawat tambahan.

Indonesia setuju untuk memesan sembilan pesawat Airbus Military C295 saat Singapore Air Show di bulan Februari 2012.

Selain itu, PT Dirgantara Indonesia juga menawarkan dua pesawat C295 kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Polisi akan menggunakan pesawat ini untuk mengangkut tim khusus penanggulangan teroris.

PT Dirgantara Indonesia juga bekerjasama dengan Airbus Military dalam mempromosikan pesawat turboprop dua mesin ini di Malaysia dan Filipina.

Indonesia telah menerima dua pesawat CN-295 (C295 khusus untuk Indonesia) dari pabrik Airbus Military di Seville. Lima pesawat berikutnya akan dikirim dalam bentuk green aircraft, dengan PT Dirgantara Indonesia yang akan melalukan penyesuaian di pusat pengiriman baru di Bandung yang dirancang untuk program ini.

Sementara dua dari sembilan pesawat terakhir akan diproduksi di pusat perakitan akhir di Bandung, menggunakan peralatan yang dikirim dari Airbus Military. Pusat perakitan akhir ini akan digunakan juga untuk produksi potensi pemesanan tujuh pesawat tambahan.