2013-04-08

Indonesia AirAsia Hubungkan Jakarta dan Medan dengan Johor Bahru

Indonesia AirAsia Airbus A320

(8/4/2013) Maskapai Indonesia AirAsia berencana menghubungkan dua kota di Indonesia dengan Johor Bahru di Malaysia. Dua kota yang akan dihubungkan dengan Johor Bahru tersebut adalah Jakarta dan Medan.

Indonesia AirAsia akan mulai membuka layanan penerbangan Jakarta-Johor Bahru pada 16 Mei 2013 dengan frekuensi sebanyak empat penerbangan seminggu, yaitu pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu. Rute Jakarta-Johor Bahru merupakan rute pengganti Jakarta-Ho Chi Minh yang dihentikan mulai 14 April nanti.

Sementara itu, rute Medan-Johor Bahru akan dilayani pada 7 Juni 2013, bersamaan dengan pembukaan rute Jakarta-Medan (Baca: Indonesia AirAsia Akan Kembali Layani Rute Lama Jakarta-Medan). Penerbangan Medan-Johor Bahru akan diterbangi Indonesia AirAsia tiga kali seminggu setiap hari Senin, Jumat, dan Minggu.

Johor Bahru merupakan kota di Malaysia yang lokasinya berdekatan dengan Singapura. AirAsia bahkan mempromosikan bus untuk menghubungkan Bandara Sendai di Johor Bahru dengan Singapura demi menjaring penumpang yang akan ke Singapura melalui Johor Bahru. Tapi upaya ini kurang berhasil karena kebanyakan penumpang dari Indonesia yang ke Johor Bahru merupakan pekerja migran (TKI).

Saat ini Indonesia AirAsia telah melayani Johor Bahru dari Surabaya. Rute Surabaya-Johor Bahru telah dibuka oleh perusahaan sejak Oktober 2012. Namun, berdasarkan data-data yang ada, hanya sedikit sekali penumpang dari Surabaya yang ke Singapura melalui Johor Bahru.