2013-04-02

Bangun Hanggar di Batam, Lion Investasikan Dana US$ 300 Juta

Lion Air Boeing 737-900ER

(2/4/2013) Lion Air telah memulai pembangunan hanggar sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat di Bandara Hang Nadim Batam. Untuk membangun fasilitas ini Lion Air telah menganggarkan dana sebesar US$ 300 juta.

Pembangunan pusat perawatan dan perbaikan pesawat di Batam bisa terjadi karena Lion Air dan Badan Pengusahaan (BP) Batam telah menandatangani kesepakatan penyediaan lahan di kompleks Bandara Hang Nadim. Awalnya, Lion mendapatkan lahan seluas empat hektar. Namun kemudian, Lion mendapatkan tambahan lahan seluas 12 hektar, sehingga total lahan untuk hanggar ini nantinya adalah 16 hektar.

Hanggar yang dibangun Lion Air di Batam bisa menampung hingga 40 pesawat berbagai ukuran. Fasilitas ini menyediakan perawatan dan perbaikan mesin, avionik, dan perawatan badan pesawat.

Lion Air sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya menggandeng Airbus untuk membantu mengembangkan pusat perawatan dan perbaikan pesawat di Batam ini. Ini merupakan salah satu dukungan Airbus kepada Lion Air yang telah memesan 234 pesawat Airbus A320 senilai US$ 24 miliar, menjadikannya pesanan terbanyak yang pernah didapatkan Airbus.