2013-04-17

Batik Air Diperkirakan Beroperasi Bulan Mei

Batik Air Boeing 737-900ER PK-LBG

(18/4/2013) Batik Air yang baru saja kedatangan pesawat pertamanya diperkirakan akan mulai beroperasi secara komersial pada awal Mei nanti. Hal ini sesuai dengan berita sebelumnya yang mengabarkan bahwa anak perusahaan Lion Air akan terbang perdana pada 3 Mei 2013 (Baca: Dapatkan AOC 19 April, Batik Air Terbang Perdana 3 Mei 2013).

Setelah pesawat tiba, Batik Air masih harus mengurus Air Operator Certificate (AOC) untuk bisa beroperasi secara komersial. Sesuai peraturan IATA, maskapai belum bisa menjual tiket penerbangan sebelum mendapatkan AOC.

Menurut Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, pengurusan AOC Batik Air sudah memasuki tahap keempat. Artinya, Batik Air akan melakukan proving flight atau uji terbang tanpa penumpang. Jika lulus proving flight, tidak lama kemudian AOC keluar dan maskapai ini bisa melakukan penerbangan secara komersial.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu pesawat Boeing 737-900ER untuk Batik Air dengan registrasi PK-LBG telah mendarat di Jakarta pada Rabu (17/4/2013) sekitar pukul 10.40 WIB. Pesawat ini tiba di Jakarta setelah melakukan penerbangan dari pabrik Boeing di Seattle, melintasi Honolulu, Majuro, Guam, dan Kuala Lumpur. Satu pesawat lagi direncanakan akan tiba di Indonesia dalam waktu dekat. (Photo: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo Aviation)