2013-04-26

Batik Air Terbang Perdana 3 Mei, Rute Pertama Jakarta-Manado

Interior Batik Air 737-900ER

(27/4/2013) Maskapai penerbangan Batik Air yang bermain di segmen full service untuk menyaingi Garuda Indonesia, dipastikan akan melakukan penerbangan perdana pada 3 Mei 2013. Hal ini bisa dilakukan karena Direktorat Sertifikasi dan Kelaikan Udara (DKSU) telah melakukan sertifikasi terhadap Batik Air, membuktikan bahwa anak perusahaan Lion Air ini telah siap dan laik terbang.

Pada penerbangan perdananya nanti, Batik Air akan melayani rute Jakarta-Manado dan Jakarta-Balikpapan. Penerbangan perdana akan ditandai dengan diberangkatkannya pesawat dengan nomor penerbangan ID-6270 dari Jakarta ke Manado pukul 09.40 WIB.

Sebagai maskapai penerbangan full service, produk yang ditawarkan Batik Air tidak kalah bersaing dengan Garuda Indonesia. Batik menawarkan tempat duduk yang nyaman dengan jarak antar kursi 45 inch di kelas bisnis dan 32 inch di kelas ekonomi, sistem hiburan di setiap kursi, bagasi gratis, serta penawaran makanan dan minuman.

Selain Jakarta-Manado dan Jakarta-Balikpapan, rute lain yang akan diterbangi oleh Batik Air adalah Jakarta-Pekanbaru dan Jakarta-Ambon. Dua rute terakhir ini dijadwalkan aktif beroperasi pada 8 Mei.

Tahun ini Batik Air akan mengoperasikan enam pesawat Boeing 737-900ER. Dua pesawat tiba pada bulan April ini, dua lagi di bulan Mei, dan sisanya di bulan Desember.

Terbentuknya Batik Air tentu saja akan meramaikan bisnis penerbangan di Indonesia dan bisa menjadi alternatif pilihan bagi penggunan jasa transportasi udara. (PHOTO: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo Aviation)