2013-04-16

Citilink Jajaki Penerbangan Solo-Makassar dan Solo-Denpasar

Citilink Boeing 737-300

(16/4/2013) Sukses membuka rute Solo-Balikpapan dengan load factor yang bagus, Citilink saat ini sedang menjajaki mengenai kemungkinan membuka dua rute baru dari Solo tujuan Makassar dan Denpasar.

Citilink mengatakan, perusahaan sedang melakukan kajian untuk memastikan kesiapan operasional dan pasar pada kedua rute tersebut. Sebelumnya, pada April ini Citilink telah membuka sejumlah rute baru dari Jakarta tujuan Bengkulu, Jambi, Tanjung Pandan, Pangkal Pinang, Semarang, dan Yogyakarta.

Selain itu, Citilink juga membuka rute baru Makassar-Ambon serta menambah frekuensi penerbangan pada sejumlah rute yang telah dilayaninya.

Menurut Citilink, rute Solo-Makassar dan Solo-Denpasar memiliki karakteristik yang berbeda. Jika Solo-Makassar pasar yang ditargetkan adalah pebisnis, rute Solo-Denpasar membidik wisatawan yang akan pergi ke Bali.

Tetapi, Citilink harus mengkaji dengan baik mengenai potensi kedua rute ini karena Makassar dan Denpasar telah dilayani oleh sejumlah maskapai penerbangan dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang lebih populer dibanding Bandara Adi Sumarmo.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I Bandara Adi Sumarmo berharap kedua rute ini bisa segera terealisasi untuk lebih meramaikan penerbangan di Solo.