2013-04-21

Indonesia AirAsia Akan Terbangi Jakarta-Medan 17 Kali Seminggu

Indonesia AirAsia Airbus A320

(22/4/2013) PT Indonesia AirAsia menyatakan akan menerbangi kembali rute lama Jakarta-Medan pada 7 Juni mendatang. Sebelumnya diberitakan bahwa rute ini akan dilayani sebanyak 10 kali seminggu (Baca: Indonesia AirAsia Akan Kembali Layani Rute Lama Jakarta-Medan).

Namun, belum juga diterbangi, pihak maskapai sudah mengubah rencananya. Berdasarkan jadwal terbaru, Indonesia AirAsia akan melayani rute Jakarta-Medan sebanyak 17 kali seminggu. Tentu saja ini merupakan peningkatan yang besar.

Rute Jakarta-Medan merupakan salah satu rute gemuk di Indonesia selain Jakarta-Surabaya. Untuk bisa survive dalam melayani rute ini, maskapai memang harus memberikan banyak pilihan jadwal penerbangan. Kebanyakan penumpang pada rute ini adalah pebisnis yang sangat mementingkan fleksibilitas jadwal penerbangan.

Sadar akan pentingnya ragam jadwal penerbangan, maskapai penerbangan berbiaya murah ini juga meningkatkan frekuensi penerbangan pada rute Jakarta-Surabaya menjadi empat kali sehari mulai 13 Juni 2013.

Indonesia AirAsia pernah melayani Jakarta-Medan dan Jakarta-Surabaya dua kali sehari sebelum akhirnya ditutup pada Oktober 2010. Pada Desember 2012, Indonesia AirAsia kembali merintis rute Jakarta-Surabaya, disusul dengan pembukaan kembali Jakarta-Medan pada 7 Juni nanti langsung dengan frekuensi tinggi.