2013-04-22

Sriwijaya Air Akan Hubungkan Malang dengan Balikpapan

Sriwijaya Air Boeing 737-500 Winglet PK-CLJ

(22/4/2013) Penerbangan di Bandara Abudulrahman Saleh Malang akan kian ramai seiring rencana Sriwijaya Air mengoperasikan penerbangan yang menghubungkan antara Malang dengan Balikpapan di Kalimantan Timur.

Menurut Sriwijaya Air, rute Malang-Balikpapan memiliki potensi besar karena belum ada maskapai lain yang melayaninya. Selama ini, penumpang dari Malang yang akan ke Balikpapan harus melalui Bandara Juanda Surabaya dengan menempuh jalur darat. Sering kali jalur darat Malang-Surabaya ini macet, sehingga tidak efisien dan diperlukan penerbangan langsung.

Sriwijaya Air menargetkan load factor sebesar 85 persen untuk rute yang diperkirakan akan dibuka pada semester kedua tahun ini.

Dalam ekspansinya, Sriwijaya Air memang agak menghindari rute-rute yang sudah padat. Maskapai ini lebih memilih untuk mengembangkan rute-rute yang masih sepi pemain namun dianggap potensial.

Saat ini, Malang hanya memiliki rute penerbangan ke Jakarta yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan kemudian Citilink yang baru akan melayaninya 28 April nanti, serta penerbangan ke Denpasar yang dioperasikan oleh Wings Air.