2013-04-25

Ini Rute Internasional Bidikan Garuda Indonesia

Garuda Indonesia 737-800 interior

(26/4/2013) Selain membuka banyak rute penerbangan domestik, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia tahun ini juga berencana membuka sejumlah rute penerbangan internasional. Rute-rute mana saja yang menjadi bidikan Garuda?

Dari home base-nya di Jakarta, Garuda Indonesia hanya berencana membuka dua rute penerbangan internasional, yaitu membuka kembali layanan penerbangan Jakarta-Perth nonstop pada 28 Juni, dan membuka rute baru Jakarta-London Gatwick yang akan dibuka pada 1 November mendatang. Jakarta-Perth akan dioperasikan dengan Boeing 737-800, sedangkan Jakarta-London dengan Boeing 777-300ER yang dilengkapi dengan layanan First Class. Penerbangan Jakarta-London akan dilayani Garuda sebanyak lima penerbangan seminggu.

Denpasar merupakan hub Garuda yang paling banyak mendapatkan tambahan rute internasional. Dari Denpasar setidaknya Garuda sudah mengincar lima destinasi internasional, antara lain Kuala Lumpur, Bangkok, Taipei, Brisbane, dan Auckland. Denpasar-Auckland merupakan rute yang akan dioperasikan dengan pesawat widebody Airbus A330. Sementara empat rute lainnya bisa dilayani dengan Boeing 737-800. Meskipun demikian, belum bisa dipastikan kapan pembukaan rute-rute ini akan terlaksana.

Rencana Garuda membuka hingga lima rute baru dari Denpasar menunjukkan bahwa Bali masih dianggap sebagai destinasi populer bagi turis asing. Jumlah turis yang berkunjung ke Bali dari waktu ke waktu juga terus meningkat baik yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara, Asia Timur, maupun Australia.

Pada hub terbarunya di Medan, Garuda setidaknya akan membuka empat rute internasional. Rute yang sudah masuk dalam incaran Garuda seperti Medan-Penang, Medan-Kuala Lumpur, Medan-Bangkok, dan Medan-Singapura. Rute-rute ini diproyeksikan untuk diterbangi pesawat buatan Kanada, Bombardier CRJ1000 NextGen, kecuali Medan-Singapura yang akan dilayani dengan Boeing 737-800. Penang akan menjadi destinasi internasional pertama Garuda dari Medan karena karena akan diterbangi maskapai ini pada 1 Juni 2013. Bahkan, kemungkinan Garuda akan langsung melayani rute ini dua kali sehari.

Surabaya merupakan kota di luar hub Garuda yang akan dihubungkan dengan destinasi internasional. Garuda berharap bisa membuka kembali layanan Surabaya-Singapura yang dulu pernah dilayaninya sebelum akhirnya ditutup. Kini rute ini sudah cukup ramai dengan dilayani oleh lima maskapai penerbangan, yaitu Silk Air, Jetstar/Valuair, China Airlines, Lion Air, dan Mandala Airlines. Masing-masing maskapai melayani satu penerbangan sehari, kecuali Silk Air yang melayani dua kali sehari.

Nah, apakah seluruh rute bidikan Garuda Indonesia tersebut bisa terwujud sepanjang tahun 2013 ini? Untuk mengetahui jawabannya, paling tidak kita masih harus menunggu hingga akhir tahun.