2013-04-29

Karyawan ACS Demo di Bandara Seokarno-Hatta, Suplai Makanan di Pesawat Terganggu?

Karyawan ACS demo

(30/4/2013) Ratusan pekerja PT Aerofood Catering Service (ACS) melakukan unjuk rasa yang berlangsung di depan kantor ACS di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Menurut pekerja, mereka berunjuk rasa karena merasa kecewa atas kebijakan perusahaan yang semakin hari semakin merugikan karyawan.

Para pekerja ini menuntuk PT ACS untuk menetapkan tunjangan masa kerja (TMK) sebesar Rp 150.000 per tahun, mengembalikan pembayaran gaji kepada porsi semula yaitu 18 kali per tahun dari yang saat ini hanya diberikan 14 kali per tahun, dan memberikan uang transport menjadi tunjangan tetap sebesar 100.000 per bulan.

Sebagai informasi, PT ACS merupakan anak perusahaan PT Garuda Indonesia yang bergerak dalam bidang catering makanan untuk disuplai kepada sejumlah maskapai penerbangan.

Saat ini ACS memproduksi sekitar 35.000 porsi makanan per hari untuk pelanggannya. Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, Singapore Airlines, Etihad, dan beberapa maskapai lainnya merupakan maskapai yang menggunakan jasa ACS dalam menyediakan makanan di pesawat.

Tidak diketahui secara pasti apakah maskapai penerbangan yang menggunakan jasa ACS untuk menyuplai makanannya terganggu atas aksi unjuk rasa ini. Tapi sejumlah laporan mengatakan bahwa beberapa penerbangan ditunda karena catering terlambat, malah ada juga pesawat yang terbang tanpa membawa catering dan menggantinya dengan uang. (PHOTO: Ambadini/Okezone)