2013-04-18

Landasan Diperpanjang, Bandara Tanjung Pinang Akan Bisa Terima Boeing 737-900ER

Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang

(18/4/2013) Salah satu bandara yang dioperasikan oleh PT Angkasa Pura II yaitu Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang belum banyak dilayani oleh maskapai penerbangan nasional. Dua alasan yang menjadi penyebabnya adalah karena bandara tidak mampu melayani pesawat berukuran besar dan masalah persediaan bahan bakar di bandara.

Saat ini hanya ada tiga maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Raja Haji Fisabilillah antara lain Lion Air, Sriwijaya Air, dan Sky Aviation. Itupun dengan pesawat sekelas Boeing 737-300/400/500 atau yang lebih kecil.

Nantinya, Bandara Raja Haji Fisabilillah akan dikembangkan dengan memperpanjang landasan pacu hingga 2.500 meter. Jika landasan pacu sudah panjang, maka pesawat sekelas Boeing 737-900ER yang banyak dioperasikan oleh maskapai penerbangan Lion Air bisa masuk ke Tanjung Pinang.

Sementara untuk bahan bakar, pengelola bandara telah menyelesaikan masalah ini dan menjamin ketersediaan avtur untuk pengisian bahan bakar pesawat.

Saat pengembangan bandara telah selesai, tidak ada lagi kendala bagi maskapai penerbangan yang ingin beroperasi di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang. (Photo: Istimewa)