2013-04-17

Indonesia AirAsia Tambah Frekuensi Sejumlah Rute dari Surabaya

Indonesia AirAsia Airbus A320

(18/4/2013) Low-cost carrier (LCC) Indonesia AirAsia akan menambah frekuensi pada sejumlah rute yang dimilikinya dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. Penambahan rute dilakukan baik pada penerbangan internasional maupun domestik, seperti Surabaya-Penang, Surabaya-Johor Bahru, Surabaya-Kuala Lumpur, dan Surabaya-Makassar.

Rute Surabaya-Penang yang saat ini dilayani sebanyak tiga penerbangan seminggu akan ditingkatkan menjadi enam penerbangan seminggu mulai 13 Juni 2013. Sementara rute Surabaya-Johor Bahru yang sekarang diterbangi empat kali seminggu akan dilayani setiap hari mulai 1 Juni 2013.

Tidak mau kalah, rute Surabaya-Kuala Lumpur juga akan mendapatkan tambahan frekuensi dari Indonesia AirAsia. Jika selama ini Indonesia AirAsia melayani Surabaya-Kuala Lumpur empat kali sehari, maka jumlah ini akan ditingkatkan menjadi lima kali sehari mulai 13 Juni mendatang. Itu belum ditambah dengan penerbangan AirAsia Berhad pada rute yang sama. Sehingga, kolaborasi dua maskapai ini akan menghasilkan tujuh penerbangan sehari pada rute Surabaya-Kuala Lumpur.

Selain itu, penerbangan domestik Surabaya-Makassar juga akan ditingkatkan menjadi dua kali sehari dari yang saat ini baru satu kali sehari. Kabarnya, rute Surabaya-Medan juga akan ditingkatkan menjadi tiga kali sehari. Namun rencana ini belum bisa dipastikan waktunya.

Meskipun tidak berkembang dengan baik pada sejumlah rute domestik, tapi Indonesia AirAsia terlihat sangat menikmati "kue" pada sejumlah rute internasional karena sangat mendominasi dan menjadi pemain tunggal seperti pada rute Surabaya-Penang, Surabaya-Johor Bahru, dan Surabaya-Kuala Lumpur.