2013-04-17

Indonesia AirAsia Berencana Buka Banyak Rute dari Hub Medan

Indonesia AirAsia Airbus A320

(18/4/2013) Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia tahun ini akan lebih ekspansif dalam membuka rute-rute baru di hub Medan. Baru-baru ini perusahaan mengumumkan membuka kembali rute lama Medan-Jakarta dan membuka rute internasional baru Medan-Johor Bahru. Kedua rute ini akan efektif diterbangi Indonesia AirAsia pada 7 Juni 2013.

Tidak cukup sampai di situ, perusahaan penerbangan lokal yang berafiliasi dengan AirAsia Berhad asal Malaysia ini juga akan menambah frekuensi pada rute Medan-Penang dan Medan-Kuala Lumpur. Rute Medan-Penang yang sebelumnya dilayani Indonesia AirAsia sebanyak 17 kali seminggu akan ditingkatkan menjadi 27 kali seminggu. Sementara rute Medan-Kuala Lumpur yang sebelumnya dilayani 14 kali seminggu, akan ditambah menjadi 25 penerbangan seminggu. Ini belum termasuk rute yang dilayani oleh AirAsia Berhad.

Selain itu, Indonesia AirAsia dikabarkan sedang menjajaki kemungkinan membuka rute internasional baru dari Medan. Destinasi yang menjadi bidikan Indonesia AirAsia antara lain Phuket di Thailand, Ho Chi Minh di Vietnam, dan sejumlah kota di India.

Saat ini Medan telah menjadi hub penting bagi operasional Indonesia AirAsia. Maskapai penerbangan berbiaya murah ini telah melayani penerbangan dari Medan ke sejumlah kota baik domestik maupun internasional, seperti Pekanbaru, Bandung, Surabaya, Penang, dan Kuala Lumpur.