2013-04-03

Lion Air Jadikan Bandara Hang Nadim Sebagai Home Base

deretan pesawat lion air

(3/4/2013) Konstruksi pembangunan hanggar Lion Air sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat di Bandara Hang Nadim Batam telah mencapai 50 persen dan diperkirakan akan selesai pada bulan Juni.

Selanjutnya, Lion Air akan menutup hanggarnya di Bandara Juanda Surabaya, dan memindahkan operasi perawatan dan perbaikan pesawat di Bandara Hang Nadim Batam, Kepualuan Riau.

Hanggar di Batam akan menjadi yang pertama dimiliki sepenuhnya oleh Lion Air. Hanggar ini dapat menampung hingga 12 pesawat Boeing 737-900ER.

Menurut Lion Air, pihaknya tidak akan menyewa hanggar lagi. Semua perawatan pesawat akan dilakukan di Batam dan hanggar di Surabaya tidak akan diperpanjang.

Pada Selasa (2/3/2013),Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana dan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustofa Widjaya menandatangani kesepakatan untuk ekspansi 12 hektar tambahan bagi pembangungan hanggar. Perusahaan juga menyewa dua apartemen murah dari BP Batam untuk tempat tinggal karyawan.

Pembangunan hanggar kedua senilai US$ 310 juta atau setara dengan Rp 3 triliun akan selesai pada tahun 2016. Hanggar kedua ini akan digunakan untuk menempatkan engine shop, bekerjasama dengan General Electric dari Amerika Serikat dan Pratt & Whitney dari Kanada, serta berbagai komponen lainnya.