2013-04-28

Lion Air Minat Danai Proyek Kereta Api Bandara

Lion Air Boeing 737-800

(29/4/2013) PT Lion Mentari Airlines, sebagai pemilik maskapai penerbangan Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, berminat mendanai proyek kereta api Express Line yang rencananya akan memiliki rute dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut laporan dari Kontan, saat ini Kementerian Perhubungan sedang mengkaji minat Lion Air tersebut dan akan diputuskan dalam waktu dua bulan mendatang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Indrawan mengatakan bahwa Lion Air berminat mendanai proyek tersebut karena maskapai swasta terbesar di Indonesia tersebut ingin menjadikan Bandara Halim Perdanakusuma sebagai markasnya.

Rencananya, akan ada dua jenis kereta bandara, yaitu Commuter Line dan Express Line. Commuter Line pun masih terbangi menjadi dua, antara lain lintas Duri-Tangerang sepanjang 19,2 kilometer dan lintas Batu Ceper-Bandara Soekarno Hatta sepanjang 12,19 kilometer.

Lion Air sendiri cukup tertarik dalam proyek Express Line dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 33,86 kilometer dengan perkiraan dana sekitar Rp 20 triliun.