2013-04-15

Pasca Kecelakaan, Permintaan Tiket Lion Air Menurun

Lion Air 737-900ER

(16/4/2013) Kecelakaan pesawat Lion Air yang terjadi pada hari Sabtu lalu ternyata berimbas pada calon penumpang maskapai berlogo singa tersebut. Beberapa calon penumpang membatalkan tiketnya atau mengganti tiketnya dengan maskapai penerbangan lain.

Ketua bidang tiket Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) Pauline Suharno seperti yang dikutip dari Merdeka.com mengatakan, pembelian tiket Lion Air setelah kecelakaan Sabtu lalu tercatat menurun sekitar 20 hingga 30 persen.

Berpaling dari Lion Air, banyak calon penumpang yang memilih maskapai penerbangan murah lainnya seperti Indonesia AirAsia, Citilink, dan Mandala. Namun menurut Pauline, permintaan untuk penerbangan Mandala masih belum banyak. Kemungkinan hal ini terjadi karena Mandala belum memiliki banyak rute.

Sementara untuk reservasi tiket perusahaan, banyak calon penumpang yang naik kelas ke maskapai Garuda Indonesia atau Sriwijaya Air.

Meskipun demikian, masih banyak juga calon penumpang yang bertahan menggunakan jasa Lion Air karena tidak ada maskapai lain yang melayani rute yang akan dibeli.

Biasanya, efek pengalihan penerbangan pada maskapai lain akibat kecelakaan ini tidak terlalu lama. Kemungkinan hanya berlangsung dua sampai tiga minggu, setelah itu penumpang sudah melupakan kejadian ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Boeing 737-800 yang dioperasikan Lion Air dari Bandung tujuan Denpasar jatuh ke laut sebelum mendarat di Bandara Ngurah Rai Denpasar. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat yang membawa 108 penumpang dan awak ini.