2013-04-18

Pesawat Lion Air Batal Take Off di Denpasar, Penumpang Berhamburan

Lion Air Boeing 737-900ER

(19/4/2013) Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-031 dari Denpasar tujuan Jakarta batal terbang pada Jumat pagi sekitar pukul 09.50 WITA.

Pesawat Boeing 737-900ER tersebut sudah berada dalam posisi take off dan berjalan, kemudian tiba-tiba take off dibatalkan. Selanjutnya pesawat kembali ke area parkir bandara.

Menurut informasi dari Airport Duty Manager (ADM) Bandara Ngurah Rai Agus Adi Pratomo seperti yang dikutip dari Kompas, setelah pesawat parkir, para penumpang berhamburan keluar dari pesawat dan enggan naik pesawat Lion Air lagi.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab batalnya keberangkatan pesawat Lion Air tujuan Jakarta ini. Namun kemungkinan besar karena masalah teknis.

Pembatalan take off atau biasa disebut dengan aborted take off merupakan hal yang biasa terjadi di dunia penerbangan, terutama jika pilot menemukan keganjilan pada pesawat sesaat sebelum terbang.

Mestinya penumpang tidak perlu takut dengan kasus seperti ini karena pilot sudah memberikan keputusan yang tepat. Tapi, mungkin saja penumpang trauma dengan kejadian kecelakaan Lion Air yang jatuh di laut sebelum mendarat di Bandara Ngurah Rai Sabtu lalu.