2013-04-30

Selesai Rawat MD-11 Milik AV Cargo, GMF Gaet Dua Pelanggan Baru

AV Cargo MD-11F di hanggar GMF

(1/5/2013) Setelah sukses melakukan perawatan pesawat MD-11F milik maskapai asal Zimbabwe, AV Cargo, PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia kemungkinan besar akan mendapatkan pelanggan baru. Maskapai penerbangan Belanda, KLM, dan maskapai penerbangan Amerika Serikat, World Airways, dikabarkan berminat merawat pesawatnya di hanggar GMF.

World Airways yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat, akan mengirim lima pesawat MD-11 yang dimilikinya untuk dirawat di GMF. Sementara KLM berminat untuk menitipkan sekitar 11 pesawat MD-11 miliknya.

Rata-rata pesawat yang akan dikirimkan oleh dua maskapai tersebut ke GMF perlu melakukan perawatan berupa C-Check dan D-Check.

Menurut GMF, pesawat-pesawat milik World Airways akan menjalani perawatan dalam waktu dekat, sedangkan KLM kemungkinan masih lama.

Selain berminat merawat pesawat MD-11, World Airways juga telah sepakat untuk mengirimkan dua pesawat Boeing 747-400 miliknya untuk menjalani perawatan di GMF pada tahun 2014 mendatang.

Saat ini masih cukup banyak pesawat MD-11 yang beroperasi di dunia, terutama untuk versi kargo. Jumlahnya kurang lebih sekitar 200 pesawat. Tapi maintenance provider untuk jenis pesawat ini sangat terbatas.

Kemarin, Selasa (30/4/2013), GMF baru saja menyelesaikan perawatan pesawat MD-11F dan melakukan redelivery kepada pemiliknya, yaitu AV Cargo. GMF mematok harga US$ 750.000 untuk melakukan perawatan C-Check pada pesawat dengan registrasi Z-BAM tersebut (Baca: GMF Selesaikan Perawatan MD-11F Milik AV Cargo). (PHOTO: Angkasa Magz/Twitter)