2013-04-24

Semarang Siap Sambut Dua Maskapai Singapura

Bandara Ahmad Yani di Semarang

(24/4/2013) Pada tahun ini Bandara Ahmad Yani di Semarang bakal semakin ramai karena masuknya beberapa maskapai baru. Belum lama ini maskapai penerbangan Citilink telah melayani Kota Semarang dengan penerbangan dari Jakarta.

Dalam waktu beberapa bulan ke depan, akan ada dua maskapai dari Singapura yang berminat membuka rute ke Semarang. Maskapai tersebut adalah Silk Air dan Tiger Airways. Dua maskapai ini berencana menghubungkan Semarang dengan Singapura. Hal ini diungkapkan oleh General Affair & Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Anom Fithranggono.

Anom mengungkapkan, Silk Air dan Tiger Airways telah mengajukan izin untuk melayani penerbangan Semarang-Singapura. Sebelumnya, penerbangan Semarnag-Singapura diterbangi oleh Batavia Air sebelum akhirnya pailit. Saat ini Indonesia AirAsia menggantikan Batavia melayani rute ini sebanyak empat penerbangan seminggu.

Pihak Bandara Ahmad Yani Semarang juga menyambut baik niat Silk Air dan Tiger. PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani telah menyediakan slot time pada siang hari, sekitar pukul 11.30-13.00 WIB. Meskipun demikian, Silk Air dan Tiger masih menggodok usulan slot time yang diberikan PT Angkasa Pura I.

Jika rencana Silk Air dan Tiger terlaksana, akan ada tiga maskapa penerbangan sekaligus yang menghubungkan Semarang dengan Singapura. Tentu saja ini menunjukkan bahwa potensi bisnis di Semarang cukup besar.