2013-04-23

Sky Aviation Tutup Rute Pekanbaru-Medan

Sky Aviation Boeing 737-300

(24/4/2013) Maskapai penerbangan Sky Aviation menyatakan menutup sementara rute Pekanbaru-Medan yang baru dilayaninya sejak 12 Februari yang lalu. Kemungkinan maskapai ini kalah bersaing dengan maskapai penerbangan lain yang telah membanjiri rute tersebut.

Selain Sky Aviation, setidaknya ada lima maskapai penerbangan lain yang menerbangi rute Pekanbaru-Medan, yaitu Lion Air, Sriwijaya Air, Indonesia AirAsia, Mandala Airlines, dan Garuda Indonesia. Masing-masing maskapai ini melayani Pekanbaru-Medan sebanyak satu kali sehari.

Ketatnya persaingan memaksa Sky Aviation untuk mundur. Padahal sebelumnya pihak Sky Aviation merasa optimis bisa mendapatkan penumpang pada rute tersebut karena berangkat dari Medan di pagi hari dan kembali ke Medan di sore hari, dimana pada jam-jam tersebut biasanya disukai pebisnis dari Medan yang akan ke Pekanbaru (Baca: Sky Aviation Telah Layani Medan-Pekanbaru dengan Boeing 737-300).

Tidak diketahui secara pasti sampai kapan Sky Aviation akan menutup sementara rute ini. Tapi, dengan ditutupnya rute Pekanbaru-Medan, Sky Aviation bisa menggunakan waktu luang pesawat untuk melayani rute lain yang dianggap lebih potensial.