2013-04-29

Tahun Ini Sriwijaya Air Buka Rute ke Merauke, Timika, dan Dili

Sriwijaya Air Boeing 737-400

(30/4/2013) Seiring dengan didatangkannya enam pesawat Boeing 737-800 untuk menambah armada, Sriwijaya Air tahun ini juga berencana menambah sejumlah rute baru. Kebanyakan rute yang diincar Sriwijaya Air merupakan destinasi di Indonesia Timur seperti Merauke dan Timika di Papua, serta rute internasional ke Dili.

Potensi penerbangan ke Indonesia Timur saat ini memang sedang berkembang. Banyak maskapai penerbangan yang mulai melirik sejumlah destinasi di daerah tersebut. Khusus untuk wilayah Papua, Sriwijaya Air mengincar Timika dan Merauke karena dua kota tersebut belum banyak dilayani oleh maskapai lainnya.

Untuk penerbangan reguler di Timika, saat ini baru dilayani oleh dua maskapai milik BUMN, yaitu Merpati Nusantara dan Garuda Indonesia. Sedangkan penerbangan ke Merauke juga belum banyak dilayani dengan pesawat jet.

Sementara untuk rute internasional ke Dili, Sriwijaya Air akan bersaing dengan Merpati yang rutin melayani rute Denpasar-Dili, setelah Batavia meninggalkan rute ini karena pailit.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada tahun ini Sriwijaya Air akan mendatangkan enam pesawat Boeing 737-800 untuk memperkuat armadanya. Pesawat-pesawat ini akan digunakan untuk menambah frekuensi sejumlah rute dan juga untuk membuka rute-rute baru.