2013-05-10

Angkasa Pura II: Terminal Haji Dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma

Pesawat Saudia melayani jamaah haji embarkasi Jakarta

(11/5/2013) PT Angkasa Pura II sudah bertekat untuk memindahkan operasional penerbangan haji ke Bandara Halim Perdanakusuma, dengan pertimbangan lokasinya yang lebih dekat dengan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

"Tahun ini Oktober, haji semua dialihkan ke Halim untuk keberangkatan dari Jakarta," kata Direktur Utama Angkasa Pura II, Tri Sunoko, saat dijumpai di sela-sela pertemuan Civil Air Navigation Services Organisation (Canso) Asia Pasifik, Selasa, 7 Mei 2013, kepada Tempo.

Saat ini Agnkasa Pura II sedang melakukan pembicaraan dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan segala sesua yang dibutuhkan, termasuk kebutuhan sumber daya manusia dan tempat parkir pesawat.

Selain Bandara Halim Perdanakusuma, Terminal 1C di Bandara Soekarno-Hatta juga menjadi salah satu opsi untuk menampung jamaah haji tahun ini. Tapi, Angkasa Pura II lebih memilih Bandara Halim Perdanakusuma sebagai embarkasi haji. Jika disetujui, maka Angkasa Pura II akan melakukan penyempurnaan pada bandara.

Sebelumnya embarkasi haji di Jakarta menggunakan Terminal Haji yang terletak di sebelah Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Tahun ini Angkasa Pura II akan melakukan pembangunan tahap lanjut Terminal 3, sehingga Terminal Haji akan dibongkar. (PHOTO: Wisnu Agung Prasetyo/Tempo)