2013-05-06

Batik Air Incar Penerbangan ke China, Korea Selatan, dan Jepang

Interior Pesawat Batik Air 737-900ER

(7/5/2013) Setelah melakukan penerbangan perdana dengan rute Jakarta-Manado pada 2 Mei lalu, kini Batik Air juga berminat untuk membuka penerbangan internasional Setidaknya sudah ada tiga negara yang ada dalam incaran Batik Air untuk melakukan ekspansi internasionalnya, yaitu China, Korea Selatan, dan Jepang.

"Untuk mendukung perluasan rute, kita tengah mempercepat proses ekspansi tersebut. Batik Air memang menargetkan untuk membuka beberapa rute ke luar negeri," ujar Direktur Umum dan Humas Lion Air Edward Sirait kepada JPNN.

Menurut Edward, Batik Air sedang mempersiapkan semua hal yang diperlukan guna merealisasikan penerbangan internasional tersebut karena prosesnya tidak bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kota-kota yang telah menjadi bidikan Batik Air di antaranya Guangzhou, Beijing, dan Shanghai di China, Seoul di Korea Selatan, dan Tokyo di Jepang.

Meskipun demikian, Edward belum bisa memastikan kapan Batik Air akan melayani rute-rute tersebut.

"Belum bisa ditebak waktunya kapan karena harus ada pendaftaran dan persetujuan dari Kementerian Perhubungan di kedua negara," lanjutnya.

Rute awal yang paling cepat untuk direalisasikan adalah tujuan Guangzhou yang diperkirakan akan dibuka pada kuartal ketiga atau keempat tahun ini. Sementara rute-rute lain akan menyusul kemudian.

Batik Air merupakan anak perusahaan Lion Air yang menggarap pasar premium. Tahun ini Batik Air akan mengoperasikan enam pesawat Boeing 737-900ER. Jumlah ini akan bertambah menjadi 20 pesawat pada tahun depan. (PHOTO: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo Aviation)