2013-05-06

Citilink Tertarik Hubungkan Batam dengan Solo dan Yogyakarta

Citilink Airbus A320

(7/5/2013) Maskapai penerbangan Citilink dikabarkan tengah mempersiapkan diri untuk membuka sejumlah rute baru. Dua rute yang telah ada dalam bidikan Citilink di antaranya Batam-Solo dan Batam-Yogyakarta.

Selama ini memang belum banyak maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut. Khusus untuk rute Batam-Solo, malah belum ada yang melayaninya. Pembukaan dua rute ini terinspirasi dari keberhasilan Citilink dalam membuka rute yang menghubungkan Balikpapan dengan Solo dan Yogyakarta sekaligus pada Februari lalu.

Saat itu, belum ada maskapai yang melayani rute Balikpapan-Solo, tapi Citilink berhasil memperoleh load factor yang cukup bagus pada sektor tersebut, tidak kalah dengan Balikpapan-Yogyakarta yang memang marketnya sudah terbentuk.

Meskipun demikian, Citilink belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut mengenai waktu pembukaan rute Batam-Solo dan Batam-Yogyakarta ini.

Anak perusahaan Garuda Indonesia ini juga melaporkan mengalami kerugian sebesar US$ 20,4 juta sepanjang kuartal pertama 2013.