2013-05-06

Pemkot Solo Operasikan Bus Bandara dari Adi Sumarmo ke Tirtonadi

Bandara Adi Sumarmo

(7/5/2013) Solo kini mempunyai bus bandara yang memiliki rute tunggal, menghubungkan Bandara Adi Sumarmo dengan Terminal Tirtonadi. Tiket bus ini dipatok dengan harga Rp 15.000.

Untuk tahap awal, Pemerintah Kota Solo akan mengoperasikan empat bus yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan. Bus ini diharapkan menjadi transportasi alternatif dari dan ke bandara yang murah dan nyaman.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat mengatakan, pihaknya berharap empat bus itu bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna jasa transportasi udara di Bandara Adi Sumarmo.

Selain itu, Yosca juga menargetkan tingkat okupansi bus tersebut minimal sebesar 50 persen. Lebih bagus lagi jika terisi lebih dari itu.

Bus pemadu moda dari Bandara Adi Sumarmo bisa menampung 35-40 penumpang sekali jalan dengan rute Bandara Adi Sumarmo melewati Colomadu, Jalan Adi Sucipto, Jalan Ahmad Yani, dan berakhir di Terminal Tirtonadi. Dengan jarak dari bandara ke terminal sejauh 17 km, tiket dihargai Rp 15.000 dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.