2013-05-11

Besok Karyawan Batavia Air Berencana Blokir Jalan Sudirman

Batavia Air Airbus A330-200

(12/5/2013) Sebanyak 600 karyawan maskapai penerbangan Batavia Air yang dinyatakan pailit pada akhir Januari silan berencana memblokir Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, pada Senin, 13 Mei 2013. Karyawan akan mendatangi kantor pusat Bank Muamalat yang terletak di Jalan Sudirman dan menutup akses masuk ke gedung tersebut.

Upaya ini dilakukan karyawan Batavia Air lantaran Bank Muamalat memasang iklan pada 2 Mei di sebuah surat kabar untuk melelang sejumlah aset yang dimiliki Batavia Air. Karyawan tidak setuju dengan pelelangan ini karena menurut mereka, nilai lelang tidak pernah dirapatkan dengan kreditur lain dan kurator.

Selain itu karyawan juga akan menyebar informasi bahwa aset yang akan dilelang masih berstatus sengketa. Karyawan mengimbau agar warga tidak melakukan penawaran terhadap aset yang dilelang oleh Bank Muamalat karena berpotensi sengketa dan tidak ada jaminan kepemilikan.

Terakhir, mereka akan meminta kurator untuk mengambil alih lelang aset serta menentukan mekanisme lalang secara kolektif dengan para kreditur.

Para mantan karyawan Batavia Air merupakan salah satu kreditur atas pailitnya perusahaan. Jumlah pesangon yang belum dibayarkan perusahaan kepada sekitar 500 karyawan adalah Rp 11,07 miliar. Karyawan khawatir jika Bank Muamalat melakukan sendiri proses lelang, pesangon mereka tidak terbayarkan.