2013-05-08

Lion Siapkan Manado sebagai Hub Internasional Batik Air

Batik Air Boeing 737-900ER

(8/5/2013) Lion Air Group saat ini memang sedang cukup serius dalam mengembangkan Manado sebagai hub. Setelah meluncurkan penerbangan perdana maskapai full service, Batik Air, ke Manado, perusahaan juga melakukan ekspansi bisnis melalui usaha lain yaitu hotel dan akan menyediakan kapal pesiar bagi para turis.

Rusdi Kirana mengatakan kepada The Jakarta Globe bahwa maskapainya akan menyediakan kapal pesiar untuk membawa turis yang ingin ke Bunaken dan Raja Ampat.

"Kami akan mendukung Manado sebagai hub di Indonesia Timur dan menargetkan turis dari Asia Timur," ujar Rusdi Kirana.

Untuk mengembangkan bisnis perhotelan serta layanan kapal pesiar ini Lion Air Group memang menargetkan para wisatawan dari Asia Timur seperti China, Korea Selatan, dan Jepang. Maskapai milik Rusdi Kirana, Batik Air, merupakan maskapai yang dicalonkan untuk terjun pada rute tersebut.

Pada tahap awal, Batik Air dilaporkan akan melayani penerbangan dari Manado ke Guangzhou di China pada kuartal ketiga atau keempat tahun ini. Selain itu, Batik juga telah berancang-ancang untuk melayani penerbangan ke Beijing, Shanghai, Seoul, dan Tokyo.

"Manado memiliki jarak lebih dekat dengan Asia Timur dibandingkan Jakarta, jadi biaya akan lebih murah," imbuhnya.

Batik Air mulai melakukan penerbangan perdana pada 3 Mei lalu dengan rute Jakarta-Manado. Saat ini, rute Jakarta-Manado dilayani sebanyak dua kali sehari dengan pesawat Boeing 737-900ER yang berisi 12 kursi kelas bisnis dan 168 kursi kelas ekonomi.