2013-05-08

Gubernur Papua Usul Agar Biak Kembali Layani Penerbangan Internasional

Bandara Frans Kaisiepo Biak

(8/5/2013) Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengusulkan agar Bandara Frans Kaisiepo Biak ditetapkan sebagai bandara yang melayani jalur penerbangan internasional. Menanggapi hal ini, Menteri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan bahwa pihaknya menerima usulan tersebut.

Hatta Rajasa mengatakan, usulan agar Biar yang kini relatif tidak lagi melayani penerbangan internasional menjadi salah satu destinasi jalur penerbangan internasional akan dipikirkan kembali.

Masih menurut Hatta, dulu memang ada penerbangan dari Biak ke Pantai Barat Amerika Serikat. Jadi, nanti jika Garuda Indonesia misalnya membuka rute ke Amerika, bisa saja menggunakan Biak sebagai basisnya. Tapi, ini juga tergantung dari pertimbangan maskapai sendiri.

Sebelumnya Garuda memang pernah melakukan penerbangan dari Jakarta ke Los Angeles melalui Denpasar, Biak, dan Honolulu. Dulu Biak menjadi salah satu titik transit karena pesawat yang digunakan tidak bisa melakukan penerbangan langsung ke Amerika. Kini, pesawat sudah semakin canggih dan bisa terbang jarak jauh. Dari segi bisnis juga harus dipertimbangkan, apakah transit di Biak lebih menguntungkan dibanding transit di kota lain. (PHOTO: Edratna)