2012-12-27

Express Air Berencana Layani Rute Internasional

Express Air 737-200
Photo: Dino Irsan

(27/12/2012) Express Air, maskapai penerbangan swasta yang lebih banyak melayani rute-rute di Indonesia Timur berencana melayani penerbangan internasional pada tahun depan sebagai bagian dari ekspansi bisnis perusahaan.

Menurut Direktur Niaga Express Air, Siti Khodijah, saat ini pihaknya sedang mengkaji pembukaan rute internasional ke Kuala Lumpur di Malaysia, India, dan China. Namun untuk rute pastinya masih dalam proses pembicaraan dengan manajemen karena perusahaan perlu melihat potensi pasar yang ada.

Untuk melayani rute-rute internasional Express Air berencana mendatangkan beberapa unit pesawat Boeing 737 Next Generation. Selain itu, perusahaan juga akan menambah pesawat Boeing 737-200 dan Dornier 328 pada tahun depan. Diperkirakan armada Boeing 737 tambahan ini akan mencapai 8-10 pesawat.

Saat ini Express Air lebih banyak fokus pada penerbangan di Indonesia Timur melalui hubnya di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Express Air telah melayani 38 destinasi ke kota-kota seperti Manado, Ternate, Ambon, Sorong, dan Jayapura. Tidak sedikit dari rute-rute yang dilayani Express Air ini merupakan rute-rute perintis.

Untuk melayani rute-rute tersebut, Express Air mengandalkan 12 pesawat yang terdiri dari enam pesawat Boeing 737, lima pesawat baling-baling Dornier 328, dan satu pesawat Dornier 328 jet.

Siti Khodijah menambahkan, meskipun sekarang perusahaannya lebih fokus pada penerbangan di kawasan Indonesia Timur, namun ke depan perusahaan juga akan merambah pada rute-rute gemuk di Indonesia yang sudah dilayani banyak maskapai.