2012-12-25

Tahun Ini Bandara Juanda Tampung 15 Juta Penumpang

Bandara Juanda

(25/12/2012) Meskipun baru beberapa tahun beroperasi, terminal Bandara Juanda saat ini sudah mengalami overload. Menurut Manajer Humas PT Angkasa Pura I Cabang Juanda, Saryo, jumlah penumpang di Bandara Juanda hingga akhir tahun ini akan tembus 15 juta penumpang. Angka ini lebih dari dua kali lipat kapasitas Bandara Juanda yang hanya sebesar 6,5 juta penumpang per tahun.

Pada November 2012 jumlah penumpang dari dan ke Bandara Juanda tercatat sebesar 14.617.221 orang. Jumlah tersebut naik dibandingkan dengan penumpang tahun 2011 sebesar 12.259.050 orang. Menurut Saryo, padatnya penumpang di Bandara Juanda dipengaruhi oleh pesatnya pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur.

Menurut Saryo, pergerakan penumpang domestik di Bandara Juanda masih didominasi rute dari dan ke Jakarta sebesar 36 persen. Disusul Balikpapan 13 persen, Banjarmasin dan Makassar masing-masing sebesar 9 persen. Sedangkan untuk pergerakan penumpang internasional didominasi penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur sebesar 40 persen, Singapura sebesar 31 persen, dan Hong Kong 11 persen.

Meskipun sudah melebihi kapasitas, PT Angkasa Pura I mengantisipasinya dengan mempercepat keberadaan penumpang di ruang tunggu bandara dan mengusahakan ketepatan keberangkatan pesawat yang beroperasi di Juanda. Dengan begitu diharapkan penumpukan penumpang di bandara bisa diminimalkan.

Sementara itu, untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2013, permintaan tambahan penerbangan dari maskapai masih sangat minim. Tercatat hanya tiga maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan yaitu Batavia, Merpati, dan China Airlines.