2012-12-30

Pesawat Lion Air Terpeleset Lagi di Pontianak

Lion Air 737-900ER

(31/12/2012) Roda belakang pesawat Boeing 737-400 dengan registrasi PK-LII milik maskapai penerbangan Lion Air keluar jalur setelah mendarat di Bandara Supadio, Pontianak, tadi malam (30/12/2012) sekitar pukul 22.00 WIB.

Roda sebelah kanan pesawat yang terbang dari Jakarta tersebut amblas keluar landasan saat memutar di ujung landasan dan akan menuju ke apron.

Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, seperti yang dikutip dari detik.com menduga pesawat tersebut sepertinya memutar terlalu tajam setelah mendarat. Namun roda depan sendiri masih berada di dalam jalur.

Seluruh penumpang dalam insiden ini selamat dan tidak ada yang terluka. Penumpang terpaksa diturunkan di ujung landasan karena pesawat tidak bisa menuju apron.

Meskipun menutup landasan, namun insiden ini tidak menimbulkan gangguan operasional pada penerbangan lainnya karena ini merupakan penerbangan terakhir yang masuk ke Pontianak.

Pesawat sudah berhasil dievakuasi tadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Pada pukul 07.00 WIB landasan pacu Bandara Supadio sudah bisa digunakan kembali.

Kejadian ini sudah masuk dalam penyelidikan KNKT. Seluruh dokumen dan rekaman percakapan pesawat sudah dipegang oleh KNKT malam tadi.

Sebelumnya, pesawat Boeing 737-400 milik Lion Air juga terpeleset saat mendarat dalam kondisi hujan deras di Bandara Supadio Pontianak pada 1 November lalu.