2013-01-06

Seorang Bayi Lahir di Pesawat Merpati Nusantara

Bayi Lahir di Pesawat Merpati

(7/1/2013) Seorang perempuan penumpang pesawat Merpati Nusantara Airlines tak menyangka bakal melahirkan dalam perjalanannya dari Timika menuju Makassar sesaat setelah pesawat take off. Penumpang yang melahirkan tersebut dibantu oleh awak kabin pesawat yang sedang bertugas.

Dalam penerbangan Merpati MZ-845 tanggal 6 Januari 2013, sekitar pukul 19.00 WIT, seorang penumpang bernama Harmani (33) yang sedang hamil 7 bulan, mendadak merasa mules seperti ingin melahirkan. Melihat kondisi itu, para kru pesawat yang bertugas pada penerbangan tersebut dengan sigap berhasil membantu persalinan hingga bayi terlahir dengan selamat.

Persalinan bayi ini dibantu oleh Sherly Juwita yang sudah 17 tahun menjadi pramugari bersama dengan dua rekannya, Rahmasari dan Anisah, serta Ani salah seorang mahasiswa akademi keperawatan yang menjadi penumpang. Mereka bahu-membahu membantu proses persalinan Harmani. Meskipun sudah lama menjadi pramugari, Sherly mengaku baru kali ini menolong orang melahirkan di pesawat.

Setelah sang bayi lahir dengan selamat, kabar itu pun diumumkan ke penumpang. Sebelumnya para penumpang juga diminta bantuan doa untuk keselamatan bayi dan sang ibu. Mendapat kabar itu, para penumpang ramai bertepuk tangan dan bersyukur.

Selepas pesawat mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, ibu dan bayi segera di bawa ke rumah sakit dengan ambulans yang sudah menunggu di bandara untuk mendapatkan perawatan dari tim medis.

Keberhasilan para pramugari membantu proses persalinan secara darurat tidak lepas dari wujud Merpati mempersiapkan para awak kabin pada maskapai pelat merah yang tengah dirundung berbagai masalah internal ini.