2013-02-24

Bus Damri Hubungkan Adi Sumarmo dan Tirtonadi

Bandara Adi Sumarmo

(25/2/2013) Pengguna jasa transportasi udara di Bandara Adi Sumarmo, Solo, nantinya tidak perlu resah lagi karena minimnya transportasi umum yang beroperasi di bandara tersebut. Pasalnya, mulai Maret 2013 Bus Damri Bandara akan melayani penumpang dari Bandara Adi Sumarmo menuju Terminal Tirtonadi dan sebaliknya.

Menurut Kepala PT Damri Solo Sutaryadi, pihaknya saat ini sedang mengurus proses balik nama nomor polisi untuk empat bus yang akan dioperasikan. Saat ini bus tersebut masih menggunakan nomor polisi Jakarta, sehingga untuk bisa beroperasi di Soloraya bus itu harus menggunakan nomor polisi "AD".

Sutaryadi menambahkan, izin trayek sudah dikantongi oleh PT Damri Solo. Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan bus ini secara resmi mulai beroperasi. Sutaryadi hanya mengatakan bahwa seluruh proses perizinan sudah selesai pada awal Maret mendatang.

Beroperasinya Bus Damri dari Bandara Adi Sumarmo ke Terminal Tirtonadi ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah pengguna pesawat udara yang datang ke Solo. Selama ini, angkutan umum di bandara hanyalah taksi dan Bus Batik Solo Trans.

Minimnya transportasi ini juga membuat Bandara Adi Sumarmo sepi penerbangan. Penumpang lebih banyak yang memilih terbang melalui Bandara Adi Sucipto Yogyakarta karena memiliki akses transportasi yang lebih lengkap, serta pilihan rute dan jadwal penerbangan yang lebih beragam.

Selain memacu pertumbuhan penumpang yang berangkat dan datang di Bandara Adi Sumarmo, adanya Bus Damri diharapkan juga memacu maskapai penerbangan untuk membuka rute-rute baru maupun menambah frekuensi penerbangan di Bandara Adi Sumarmo.