2013-02-07

Halim Perdanakusuma Akan Jadi Bandara Haji

Bandara Halim Perdanakusuma

(8/2/2013) Sesuai dengan rencana tahun 2013, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan diperluas dan digunakan sepenuhnya untuk area komersial. Padahal selama ini Terminal Haji yang biasa digunakan untuk melayani jamaah haji setiap tahunnya berada di kawasan Terminal 3.

Untuk mengatasi hal tersebut, PT Angkasa Pura II berencana memindahkan penerbangan haji yang selama ini berada di kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Wakil Presiden RI Boediono menyambut baik usulan Angkasa Pura II yang akan menambah fungsi Bandara Halim Perdanakusuma ini. Namun Wapres berpesan agar Angkasa Pura II meningkatkan berkordinasi dengan otoritas terkait untuk mewujudkan rencana tersebut. Pasalnya, banyak pihak yang memanfaatkan Bandara Halim untuk berbagai kepentingan.

Saat ini Bandara Halim Perdanakusuma digunakan untuk operasional berbagai maskapai charter, pesawat kenegaraan, pesawat pribadi, sekolah penerbangan, dan latihan TNI Angkatan Udara. Sehingga kordinasi aspek operasional dan teknis sangat diperlukan antara Angkasa Pura II dengan Kementerian Perhubungan.

PT Angkasa Pura menyatakan cukup optimis pada bulan Agustus, saat musim haji tiba, Bandara Halim Perdanakusuma sudah bisa digunakan untuk melayani penerbangan haji tahun ini.