2013-02-20

Indonesia Air Transport Tunda Terbangi Rute Bandung-Pekanbaru

Indonesia Air Airbus A320
Photo: Rudita Tabuti

(21/2/2013) Rencana Indonesia Air untuk menerbangi rute Bandung-Pekanbaru dengan pesawat Airbus A320 pada Sabtu (16/2/2013) yang lalu kembali tertunda. Indonesia Air belum bisa memastikan kapan bisa melayani rute tersebut.

Pihak Indonesia Air mengatakan, alasan penundaan penerbangan karena masih ada kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan. Selain menunda rute Bandung-Pekanbaru, perusahaan juga menunda rute Bandung-Balikpapan, Bandung-Medan, dan Bandung-Palembang.

Indonesia Air telah melakukan uji terbang (proving flight) dengan pesawat Airbus A320 pada Jumat (15/2/2013) dan berencana melakukan penerbangan komersial sehari kemudian. Namun rencana ini kembali dibatalkan karena sejumlah kendala.

Sebelumnya Indonesia Air telah berkali-kali menunda jadwal penerbangan A320 mereka sejak pertengahan November 2012, hingga sekarang belum juga terbang secara komersial.

Indonesia Air yang sebelumnya lebih banyak dikenal dengan nama Indonesia Air Transport (IAT)merupakan perusahaan penerbangan yang bernaung di bawah bendera MNC Group dan menjadi salah satu perusahaan penerbangan yang sudah "go public".

Indonesia Air telah berdiri sejak 1968 dengan mengoperasikan sejumlah pesawat, salah satunya adalah pesawat jenis ATR yang digunakan untuk melayani sejumlah rute reguler dan charter bagi sejumlah perusahaan pertambangan.