2013-02-06

Indonesia AirAsia Lakukan Penerbangan Perdana Rute Semarang-Singapore

Indonesia AirAsia Airbus A320 PK-AZA

(7/2/2013) Hari ini PT Indonesia AirAsia meluncurkan penerbangan perdana rute internasional dari Semarang ke Singapore. Rencananya, Indonesia AirAsia akan melayani rute ini sebanyak empat kali seminggu yaitu pada Selasa, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Indonesia AirAsia sangat optimis bisa sukses pada rute Semarang-Singapore karena rute ini memiliki prospek yang yang cukup bagus. Apalagi saat ini hanya Indonesia AirAsia satu-satunya maskapai penerbangan yang melayani rute ke Singapore dari Semarang.

Sebelumnya rute Semarang-Singapore dilayani oleh maskapai swasta lainnya, Batavia Air. Namun maskapai ini dinyatakan pailit pada 30 Januari lalu sehingga harus menghentikan seluruh operasinya, termasuk menutup rute Semarang-Singapore.

Penerbangan dari Semarang ke Singapore menggunakan nomor penerbangan QZ-8132 yang diberangkatkan dari Bandara Ahmad Yani pukul 10.40 WIB dan tiba di Bandara Changi pukul 13.45 waktu setempat. Sementara untuk penerbangan pulang menggunakan nomor penerbangan QZ-8133 dijadwalkan berangkat dari Singapore pukul 14.24 waktu setempat dan tiba lagi di Bandara Ahmad Yani Semarang pukul 15.25 WIB.

Selain terbang ke Singapore, saat ini Indonesia AirAsia juga melayani penerbangan dari Semarang ke Jakarta dan Surabaya setiap harinya. Sedangkan rute Semarang-Kuala Lumpur dilayani oleh AirAsia (Malaysia) sebanyak tiga penerbangan sepekan. Sehingga secara total, AirAsia Group telah melayani empat kota tujuan dari Bandara Ahmad Yani Semarang.