2013-02-20

Indonesia AirAsia Targetkan Dua Juta Penumpang dari Makassar

Indonesia AirAsia A320 PK-AZA

(21/2/2013) Maskapai penerbangan berbiaya murah, Indonesia AirAsia, tahun ini akan sangat gencar melakukan ekspansi di Indonesia Timur, khususnya dari hub Makassar. Bahkan perusahaan menargetkan bisa mengangkut dua juta penumpang di tahun 2013 dari hub barunya ini.

Menurut Direktur Utama PT Indonesia AirAsia, Dharmadi, target perolehan total penumpang yang diangkut oleh perusahaan tahun ini adalah delapan hingga sembilan juta penumpang, dengan dua juta penumpang di antaranya berasal dari hub Makassar.

Untuk merealisasikan target ini, Indonesia AirAsia menyiapkan dua pesawat Airbus A320 yang akan melayani lima rute penerbangan dari Makassar ke kota tujuan seperti Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Denpasar, dan Manado.

Tidak berhenti sampai disitu, jumlah pesawat ini sangat mungkin bertambah karena maskapai juga ingin melakukan pembukaan sejumlah rute internasional dari Makassar. Sejumlah rute yang sudah ada dalam bidikan Indonesia AirAsia antara lain Makassar-Kuala Lumpur, Makassar-Kota Kinabalu, dan Makassar-Singapura.

Dharmadi berharap Makassar bisa menjadi penghubung Indonesia Timur dengan negara-negara lain, sebab Makassar lokasinya paling dekat dengan negara-negara ASEAN yang kebanyakan ada di sebelah utara Indonesia.