2013-02-20

Merpati Datangkan Airbus A320 Untuk Efisiensi

direktur utama merpati rudy setyopurnomo

(21/2/2013) Maskapai penerbangan BUMN PT Merpati Nusantara Airlines akan mendatangkan pesawat Airbus A320 pada bulan Juni 2013. Pesawat baru buatan pabrikan Eropa, Airbus, ini dinilai akan membuat biaya operasional Merpati menjadi lebih efisien.

Direktur Utama Merpati Rudi Setyopurnomo mengatakan bahwa dari total enam pesawat, akan mulai berdatangan pada Juni hingga Desember 2013. Merpati akan menggunakan pesawat-pesawat A320 ini pada rute-rute gemuk seperti Jakarta-Surabaya sehingga diharapkan dapat memperkecil biaya operasional.

Menurut Rudy, saat ini cost per seat menggunakan Boeing 737 klasik yang dioperasikan Merpati untuk rute Jakarta-Surabaya adalah 8 sen dollar AS, sehingga harga tiket pada rute ini bisa mencapai Rp 800 ribu. Sedangkan jika menggunakan Airbus A320, cost per seat bisa turun menjadi 5 sen dollar AS.

Selain akan mendatangkan armada dari Airbus, Merpati juga akan mendatangkan pesawat Cessna 208B Grand Caravan untuk mengembangkan rute-rute perintis di Indonesia Timur. Merpati akan menggandeng sejumlah investor untuk mengoperasikan pesawat dengan skema kerjasama operasi (KSO).