2013-03-11

Garuda dan Saudia Terpilih Sebagai Maskapai Angkutan Haji 2013

Garuda Indonesia Boeing 747-400

(12/3/2013) Pemerintah telah memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines (Saudia) sebagai maskapai pengangkut jamaah haji 2013. Sebelumnya ada empat maskapai yang mengajukan diri untuk mengangkut jamaah haji, tetapi dua maskapai lainnya gugur karena tidak dapat memenuhi persyaratan.

Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan menjelaskan, maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines telah memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Untuk Aviastar Mandiri, maskapai ini telah memberikan penawaran ongkos tiket penerbangan haji per jamaah. Namun Aviastar belum memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan Kementerian Agama.

Sementara Indonesia AirAsia hanya sanggup melayani penerbangan haji di embarkasi Solo dan Makassar saja. Selain itu, Indonesia AirAsia belum mengajukan penawaran harga untuk setiap jamaah. Sehingga, maskapai ini bersama Aviastar Mandiri ikut gugur sebagai maskapai angkutan haji 2013.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengungkapkan,pihaknya akan menyediakan sekitar 15 pesawat untuk mengangkut jamaah haji tahun ini. Pesawat tersebut terdiri dari Airbus A330, Boeing 747, dan Boeing 767.

Menurut Manager Corporate Communication Indonesia AirAsia, Audrey Progastama Petriny, perusahaannya telah mengajukan penawaran angkutan haji tahun ini, tetapi tidak bisa memenuhi beberapa persyaratan yang diminta pemerintah. Untuk itu, pada tahun depan Indonesia AirAsia akan mempersiapkan hal ini dengan lebih baik.

Sementara itu, Commercial Manager Aviastar Mandiri, Petrus Budi, masih berharap bisa menjadi operator angkutan jamaah haji pada tahun ini. Aviastar Mandiri siap menyediakan pesawat jika Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan memberikan kesempatan.