2013-03-19

Mandala Akan Operasikan 12 Pesawat Hingga Akhir Tahun 2013

Mandala A320 PK-RMT

(20/3/2013) Mandala Airlines akan terus melakukan ekspansi untuk membuka layanan penerbangan domestik dan internasional karena perusahaan telah berencana mengoperasikan sebanyak 12 pesawat Airbus A320 hingga akhir tahun.

Mandala baru-baru ini telah menerima pengiriman pesawat A320 yang ketujuh, tapi perusahaan belum mengoperasikan jadwal untuk pesawat terbarunya tersebut. Adanya pesawat cadangan ini membuat Mandala bisa mengambil alih beberapa rute Batavia Air.

Maskapai yang berafiliasi dengan Tiger Airways ini akan menerima kedatangan pesawat yang kedelapan pada bulan Mei 2013 dan pesawat kesembilan pada bulan Juni 2013. Tambahan pesawat baru memungkinkan Mandala meluncurkan rute Jakarta-Singapura dan lebih banyak lagi rute domestik yang sebelumnya dioperasikan oleh Batavia. Dua pesawat yang akan tiba dan tujuh pesawat yang sudah ada saat ini semuanya berasal dari Tiger.

Mandala mengatakan bahwa perusahaan akan menyewa tambahan tiga A320 untuk jadwal pengiriman pada kuartal ketiga 2013. Sebelumnya Mandala berencana mengoperasikan 10 pesawat pada tahun 2012 untuk memenuhi persyaratan dari Kementerian Perhubungan, dimana maskapai penerbangan harus mengoperasikan sedikitnya 10 pesawat pada tahun pertama beroperasi. Namun keinginan untuk memenuhi persyaratan ini ditunda karena Mandala kesulitan mendapatkan slot di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Pada 10 bulan pertama beroperasi, Mandala berekspansi di luar Jakarta, meluncurkan rute baru dari kota-kota kedua di Indonesia seperti Pekanbaru, Padang, Medan, Denpasar, dan Surabaya ke Singapura, yang merupakan hub utama Tiger. Tapi, kesulitan Mandala beroperasi dari Jakarta ini menyebabkan rendahnya utilisasi pesawat sehingga memberi kontribusi kerugian pada perusahaan.

Pailitnya Batavia Air akhir Januari lalu memberikan keuntungan yang besar bagi Mandala. Mandala dengan sigap membantu menerbangkan penumpang Batavia secara gratis pada empat rute seperti Jakarta-Padang, Jakarta-Pekanbaru, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Singapura sebelum diminta oleh Kementerian Perhubungan. Baru-baru ini Mandala telah mengoperasikan rute Jakarta-Pontianak yang juga peninggalan Batavia. Hal ini dilakukan Mandala semata-mata untuk mengamankan slot di Jakarta.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan menyatakan akan memberikan slot penerbangan peninggalan Batavia kepada maskapai yang mau menerbangkan penumpang Batavia secara gratis. Terhitung tiga maskapai yang memanfaatkan peluang ini, yaitu Mandala Airlines, Citilink, dan Express Air.