2013-03-25

Merpati Buka Jalur Penerbangan ke Selayar

Merpati MA60

(25/3/2013) PT Merpati Nusantara Airlines menyatakan siap membuka jalur penerbangan yang menghubungkan antara Makassar dengan Kepulauan Selayar yang terletak di Sulawesi Selatan mulai 27 Maret mendatang.

Rute Makassar-Selayar sebelumnya dilayani oleh maskapai penerbangan Sabang Merauke Air Charter (SMAC) dengan menggunakan pesawat CASA 212. Namun, kondisi pesawat yang sering bermasalah membuat penerbangan ini telah berhenti sejak dua bulan lalu.

Pembukaan rute Makassar-Selayar ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Merpati Nusantara. Bupati Selayar Syahrir Wahab menyatakan kegembiraannya karena Merpati mau bekerjasama memperbaiki akses transportasi dari dan ke Selayar.

Sejak penerbangan Makassar-Selayar dihentikan dua bulan lalu, akses menuju wilayah kepulauan itu hanya dapat ditempuh dengan penyeberangan kapal feri melalui Pelabuhan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba. Namun, dibutuhkan waktu antara 9 jam dan 10 jam.

Adapun waktu tempuh dari Makassar menuju Tanjung bira sekitar lima jam perjalanan darat. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan kapal feri selama empat hingga lima jam penyeberangan jika cuaca normal. Penyeberangan bisa dihentikan setiap saat jika cuaca memburuk dengan tinggi gelombang mencapai 4-5 meter.

Merpati Nusantara akan melayani penerbangan dari Makassar ke Selayar dan sebaliknya tiga kali seminggu, setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Dalam kontrak yang telah disepakati, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar akan memberikan subsidi sebesar Rp 225 juta setiap bulan kepada PT Merpati Nusantara Airlines.

Penerbangan ke Selayar akan dioperasikan dengan pesawat MA60 berkapasitas 54 kursi. Hal ini untuk mengakomodasi panjang landasan Bandara Aroeppala Selayar yang hanya 1.350 meter.