2013-03-02

Pesanan SSJ-100 Dibatalkan oleh Sukhoi, Nasib Kartika Airlines Tidak Jelas

Kartika Airlines MD-80

(2/3/3013) Sukhoi Civil Aircraft Corporation (SCAC) baru saja membatalkan pesanan 30 pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) senilai US$ 900 juta yang telah dipesan oleh maskapai penerbangan Kartika Airlines. Sukhoi menganggap Kartika tidak dapat memenuhi persyaratan finansial dalam kesepakatan, hingga akhirnya pihak Sukhoi membatalkannya.

Kartika Airlines pernah beroperasi dengan pesawat McDonnell Douglas MD-80 dan Boeing 737-200 untuk melayani beberapa rute domestik. Namun maskapai ini sudah lama menghentikan operasinya hingga sekarang dan izin operasi telah dicabut.

Semula, Kartika Airlines merencanakan kembali terbang setelah menerima pesanan pesawat Sukhoi Superjet 100. Kartika juga sedang dalam proses pengurusan Surat Izin Usaha Penerbangan dan akan segera mengurus Air Operator Certificate (AOC) yang telah kadaluarsa setelah pesawat pertama tiba.

Akan tetapi, pembatalan kesepakatan oleh Sukhoi ini membuat nasib Kartika Airines semakin tidak jelas. Kartika tidak memiliki pesawat untuk bisa beroperasi, sehingga peluang maskapai ini terbang kembali menjadi sangat kecil.