2013-04-04

26 April Batik Air Ramaikan Langit Indonesia

Batik Air Boeing 787

(5/4/2013) Batik Air, maskapai penerbangan full service milik Lion Air, rencananya akan melakukan penerbangan perdana pada 26 April mendatang. Maskapai baru ini diharapkan bisa bersaing dengan Garuda Indonesia di kelas full service.

Pasar penerbangan full service di Indonesia sangat potensial karena belum ada maskapai lain yang menggarap pasar ini kecuali Garuda Indonesia. Garuda yang menangguk untung besar sebagai pemain tunggal membuat Lion Air ingin ikut menikmati pasar ini melalui Batik Air.

Dalam layanannya, Batik Air akan mengoperasikan pesawat Boeing 737-900ER untuk rute-rute domestik dan internasional jarak dekat, serta Boeing 787 Dreamliner untuk rute penerbangan jarak jauh.

Fasilitas yang disediakan Batik Air akan sangat kompetitif dengan Garuda Indonesia, dengan menyediakan makanan penuh, fasilitas telepon di pesawat, dan media hiburan.

Menurut Heavy Maintenance Manager PT Lion Tech Ronny Roozanno, rute pertama yang dioperasikan Batik Air adalah Jakarta-Pekanbaru, kemudian diikuti dengan rute Jakarta-Batam dan Jakarta-Manado.

Perusahaan menilai rute penerbangan dari dan ke Batam sebagai salah satu rute yang akan dilalui Batik Air karena mobilitas warga Batam sangat tinggi. Selain itu, Batam merupakan tujuan wisata nomor tiga di Indonesia.

Jika benar, rencana ini agak berbeda dengan rencana sebelumnya, dimana Batik Air akan melayani rute Jakarta-Manado, Jakarta-Balikpapan, dan Jakarta-Yogyakarta pada penerbangan perdana. (Baca: Beroperasi April 2013, Ini Rute-Rute Batik Air)

Selain melayani rute-rute domestik, Batik Air diproyeksikan untuk melayani rute-rute internasional. Namun ini merupakan rencana jangka panjang perusahaan.