2013-04-04

Citilink Terbang Perdana ke Pangkal Pinang dan Tanjung Pandan

Citilink 737-300

(5/4/2013) Hari ini Citilink meluncurkan dua rute baru yaitu Jakarta-Pangkal Pinang dan Jakarta-Tanjung Pandan. Pembukaan dua rute baru ini mengikuti tiga rute yang dibuka Citilink pada Rabu (3/4/2013), yakni Jakarta-Bengkulu, Jakarta-Jambi, dan Jakarta-Semarang.

Citilink melayani rute Jakarta-Pangkal Pinang dan Jakarta-Tanjung Pandan masing-masing satu kali sehari dengan pesawat Boeing 737-300. Dua rute ini merupakan peninggalan Batavia Air yang diambil alih Citilink.

Pembukaan rute ke dua destinasi di Kepulauan Bangka Belitung ini tentu saja disambut gembira oleh pelanggan. Sejak Batavia dinyatakan pailit dan menghentikan operasinya, termasuk ke Pangkal Pinang dan Tanjung Pandan, para penumpang mengeluh karena mahalnya tiket pada kedua rute tersebut. Masuknya Citilink diharapkan membuat persaingan lebih kompetitif, yang akhirnya akan menguntungkan penumpang.

Citilink menawarkan harga mulai Rp 385.000 sekali jalan untuk rute Jakarta-Pangkal Pinang dan Rp 540.000 pada rute Jakarta-Tanjungpandan.

Saat ini sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute ke Pangkal Pinang, sedangkan pada rute Jakarta-Tanjung Pandan Citilink akan bersaing langsung dengan Sriwijaya Air.

Pada awal April ini Citilink memang terlihat sangat agresif dalam membuka rute-rute baru. Setelah lima rute yang disebut di atas, 8 April mendatang Citilink juga akan membuka rute baru Makassar-Ambon. Selain itu, Citilink juga meningkatkan frekuensi pada beberapa rute yang telah dilayaninya.