2013-04-21

Airbus Akan Menjadi Masa Depan Batik Air?

Batik Air Boeing 737-900ER

(22/4/2013) Anak perusahaan Lion Air yang bermain di kelas penerbangan full service, Batik Air, saat ini memang belum mengudara. Maskapai baru ini kemungkinan baru bisa melakukan penerbangan perdana pada awal Mei nanti (Baca: Batik Air Diperkirakan Beroperasi Bulan Mei).

Namun, kabar-kabar terbaru tentang Batik Air sangat menarik untuk disimak, karena maskapai ini yang digadang-gadang menjadi pesaing berat Garuda Indonesia. Baru-baru ini terdengar rumor yang mengatakan bahwa di masa depan Batik Air akan mengoperasikan pesawat dari Airbus. Tidak hanya pesawat narrowbody untuk penerbangan jarak dekat seperti Airbus A320, tapi juga pesawat widebody untuk penerbangan internasional jarak jauh.

Seperti diketahui, bulan lalu Lion Air telah memesan 234 pesawat Airbus A320 yang terdiri dari 60 A320ceo (current engine option), 109 A320neo (new engine option), dan 65 A321neo. Enam pesawat pertama direncanakan akan tiba pertengahan tahun depan. Bukan tidak mungkin sebagian dari pesawat-pesawat yang telah dipesan ini nantinya yang akan menjadi armada Batik Air di masa depan.

Pada awal beroperasi nanti, Batik Air akan menggunakan pesawat buatan pabrikan Amerika Serikat, Boeing 737-900ER. Batik Air mendapat alokasi enam pesawat jenis tersebut dari Lion Air di tahun pertama beroperasi.

Meskipun demikian, penggantian pesawat Batik Air dari Boeing 737-series menjadi Airbus A320-series, sekaligus mengoperasikan pesawat widebody dari Airbus baru sebatas rumor belaka. Banyak sekali rencana-rencana yang berubah dengan cepat di Lion Air Group. Akan tetapi, tetap menarik untuk ditunggu realisasi rencana ini di masa depan. (PHOTO: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo Aviation)