2013-04-20

Citilink Tertarik Layani Malang-Denpasar dan Malang-Banyuwangi dengan ATR

ATR 72-600

(21/4/2013) Maskapai penerbangan Citilink yang telah memesan 25 pesawat ATR 72-600 untuk melayani rute-rute pendek, dikabarkan tertarik membuka dua rute penerbangan baru dari Malang, yakni Malang-Denpasar dan Malang-Banyuwangi.

Jika sesuai rencana, Citilink akan menerima kedatangan lima pesawat ATR 72-600 mulai September hingga akhir tahun. Pesawat ini nantinya yang dipersiapkan untuk melayani rute Malang-Denpasar dan Malang-Banyuwangi tersebut.

Saat ini baru satu maskapai penerbangan yang melayani rute Malang-Denpasar yaitu Wings Air. Anak perusahaan Lion Air ini juga mengoperasikan pesawat ATR 72 dalam melayani penumpang Malang-Denpasar dan sebaliknya. Sementara untuk Malang-Banyuwangi, belum ada maskapai yang mau melayaninya.

Baru-baru ini Citilink meluncurkan layanan penerbangan harian antara Jakarta dan Malang yang akan dimulai pada 28 April nanti.

Selain itu, Citilink akan meningkatkan jumlah penerbangannya dari yang saat ini 134 penerbangan per hari menjadi 234 penerbangan per hari pada akhir tahun 2013. Upaya yang dilakukan Citilink untuk mencapai target ini adalah dengan menambah frekuensi penerbangan pada rute-rute yang telah ada, serta membuka sejumlah rute baru seperti Jakarta-Malang.

Vice President Sales and Distribution PT Citilink Indonesia Agus Irianto meyakini pembukaan rute Jakarta-Malang tidak akan berpengaruh pada rute Jakarta-Surabaya yang mencapai tujuh kali sehari. Menurutnya, banyak penumpang tujuan Malang enggan berangkat dari Surabaya karena seringnya terjadi kemacetan jalur darat antara Malang dan Surabaya. (Photo: ATR)