2013-04-25

Hari Ini Lion Air Secara Resmi Luncurkan Batik Air

judul

(25/4/2013) Maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia, Lion Air, secara resmi meluncurkan maskapai full service, Batik Air, pada hari ini di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Peluncuran ini ditandai dengan water cannon salute yang diberikan tim pemadam kebakaran pada pesawat Boeing 737-900ER pertama Batik Air yang beregistrasi PK-LBG.

Direktur Utama Batik Air Achmad Luthfie mengatakan bahwa penerbangan perdana akan dilakukan pada tanggal 3 Mei dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan rute Jakarta-Manado sebanyak dua penerbangan sehari.

Achmad Luthfie menambahkan, pada tahun ini Batik Air akan mengoperasikan enam pesawat Boeing 737-900ER. Pesawat kedua diperkirakan akan tiba pada 27 April dan digunakan untuk menghubungkan antara Jakarta dan Balikpapan. Sedangkan pesawat ketiga dan keempat akan datang pada awal Mei untuk membuka rute Jakarta-Pekanbaru dan Jakarta-Ambon.

Dalam layanannya, Batik Air menawarkan 12 kursi kelas bisnis dan 168 kursi kelas ekonomi. Pesawat juga dilengkapi sistem hiburan Audio-Video on Demand (AVOD) di setiap kursi.

Batik Air telah mengamankan izin dari Kementerian Perhubungan untuk menerbangi 66 rute domestik dan 20 rute internasional.

Batik Air berharap para penumpang Indonesia di kelas menengah yang sebelumnya menggunakan jasa Lion Air untuk pindah ke Batik Air sejalan dengan peningkatan pendapatan mereka.

Pesawat pertama Batik Air telah tiba di Jakarta pada 17 April lalu. Tapi, peluncuran maskapai ini sedikit tertunda karena Lion Air dalam masa prihatin atas kecelakaan pesawat Boeing 737-800 mereka yang jatuh sebelum mendarat di Bandara Ngurah Rai Denpasar pada 13 April 2013. (PHOTO: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo Aviation)